Sering mendapatkan hasil tangkap-layar atau skrinsut berita ‘online’ di grup WhatsApp ataupun status Facebook?

Biasanya, alih-alih mengirimkan tautan berita atau artikel, pengguna internet lebih senang menangkap-layar (baca: memotret) halaman yang sedang dia baca dengan ponselnya, lalu mengirimkannya ke media sosial atau media percakapan.

Di Facebook, kebiasaan ini dipicu oleh algoritma si jejaring sosial yang lebih mengutamakan status bergambar di linimasa.

Artinya, Foto yang mengalir di linimasa akan memiliki peluang untuk mendapatkan interaksi lebih tinggi dibandingkan status yang isinya hanya teks atau tautan ke sebuah halaman website yang berada di luar Facebook.

Netizen yang punya tanggungjawab lebih terhadap keotentikan tangkapan-layarnya akan menyertakan tautan asli tempat tangkapan itu diambil. Kecenderungan menyertakan tautan berita atau artikel itu juga biasanya didorong oleh keinginan agar teman atau pengikutnya membaca berita lengkapnya di tempat aslinya.

Tapi itu jarang dilakukan. Mereka biasanya hanya menyebarkan tangkapan-layar dengan menyertakan pendapat atau emosinya terhadap foto yang disebar. Apalagi kalau tangkapan-layar itu didapat dari orang lain. Dijamin dia sendiri tidak berusaha menemukan sumber aslinya, tapi bergegas menyebarkannya ke orang lain.

Pasalnya, tangkapan-layar alias screenshot dianggap sebagai bukti otentik atas konten yang ada di sebuah website. Apa yang terekam dalam gambar tidak mungkin bisa dipalsukan isinya, kecuali diedit pakai Photoshop dan sejenisnya.

Walhasil, orang-orang cenderung langsung percaya saat menerima tangkapan-layar lalu bergegas menyebarkannya tanpa perlu mengecek keasliannya. Kalaupun ternyata berbeda, mereka akan bergumam, “Ah paling udah diedit ama yang punya website nih….”

Tapi apakah tangkapan-layar itu pasti otentik alias asli alias tidak bisa dipalsukan?

Eit, jangan pede dulu.

Ternyata, ada satu trik mengubah isi website yang bisa dilakukan oleh semua orang. Dengan trik ini, Anda bisa dengan mudah mengedit judul, caption ataupun isi berita atau artikel yang sedang Anda baca di website manapun! (kecuali website yang sudah memproteksi dirinya dari trik ini).

Setelah diedit, Anda bisa langsung menangkap-layar tampilan halaman versi Anda, lalu menyebarkannya ke media sosial. Lihat contohnya di bawah. Asik kan? :p

Trik Javascript ini saya temukan pertama kali di akun Twitter @ecek2. Di situ dijelaskan lengkap caranya, tapi saya tidak perlu menyebarkannya di tulisan ini, karena itu bukan bagian dari edukasi Literasi Digital.

https://twitter.com/ecek2/status/1128913209107181568?s=19

Setelah berhasil mencoba trik tersebut, saya menelusuri dari mana trik itu berasal. Di luar sana, pasti ada banyak programmer yang sudah mengetahui dan membagikan trik ini.

Salah satunya seperti ditulis oleh Sam Parr di thehustle.co. Sam mengaku menemukan trik itu bertahun-tahun yang lalu. Tapi konteksnya bukan untuk membuat konten hoaks, melainkan untuk proses pengembangan sebuah website yang melibatkan designer dan programmer.

If you’ve ever wanted to quickly:
– Show a client how their site should look
– Edit a website so your designer knows what you want
– Make your bank account look like it has $100m in it
…then the following trick is for you.

Sam Parr

Programmer

Tapi di zaman sekarang, trik itu lazim dipakai buat membohongi orang lain ataupun membuat propaganda dan fitnah dengan konten tipuan alias hoax seperti ini. (Tapi ini cuma contoh aja loh ya. Jangan lapor ke polisi :p).

Oleh karena itu waspadalah. Karena isi website mudah diedit, Anda bisa kena hoaks lewat screen capture.

Pesan saya buat kalian generasi milenial plus bokap nyokap sekalian:

  • Sertakan tautan artikel saat menyebarkan skrinsut berita ke media sosial atau media percakapan.
  • Jangan mudah percaya skrinsut yang tidak menyantumkan tautan asalnya.
  • Jangan udah percaya hasil tangkapan-layar yang isinya heboh atau provokatif, karena bisa jadi itu adalah hoax yang dibuat dengan trik ini.

Semoga setelah ini kita lebih skeptis saat menerima skrinsut.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.