Indonesia masuk dalam daftar negara yang terjangkit virus Corona menurut Arab Saudi. Dampaknya, jamaah yang sudah siap berangkat umroh tertunda keberangkatannya entah sampai kapan.

Mulai hari ini, pemerintah Indonesia proaktif menghentikan penerbangan umroh menyusul penghentian sementara visa umroh untuk sekitar 25 negara.

Kok Indonesia kena? Kan pemerintah sudah lapor gak ada kasus Corona di tanah air.

Jangan baper. Yang pasti, Arab Saudi paling dirugikan oleh keputusannya sendiri. Potensi pendapatan dari sektor visa, penerbangan, hotel, transportasi darat, sampai para pedagang oleh2 di sekeliling Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan terkena dampak langsung.

Pembeli hilang. Keuntungan berkurang.

Kalau keputusan memasukkan Indonesia dalam daftar hitam Corona adalah keputusan salah Arab Saudi, pihak kerajaan dalam waktu dekat pasti meralatnya. Mereka tahu kok jamaah umroh kita paling banyak jumlahnya.

Tapi kalau ternyata gak ada revisi, berarti Indonesia memang rawan Corona.

Akhir Januari lalu, ilmuwan CSSE John Hopkin University membuat apa yang disebut Detik sebagai Proyeksi Sebaran Virus Corona. Indonesia diprediksi kena, dan pada saat itu laporan kasus di beberapa negara lebih sedikit dari perkiraan ilmiah.

Artinya, tidak mustahil Indonesia sedang atau akan terkena Corona meskipun pemerintah bilang tidak.

Semoga yang sudah selesai mempersiapkan umroh dapat berangkat dengan aman dan nyaman dalam waktu dekat nanti.

Amiin….

Berikut daftar negara yang dicegah masuk Arab Saudi untuk kepentingan umroh (visa wisata):

China, China Taipei, Hong Kong, Iran, Italia, Korea (Rep), Makau, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

#CatatanIsjet
#JumatBerkah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.