Raja Salman Benar, Arab Saudi dan Indonesia Bersaudara!

Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud di beranda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). (Joanito De Saojoao/Suara Pembaruan)

Selamat jalan Raja Salman. Selamat melanjutkan aktifitas di Pulau Dewata.

Sebagai warga Betawi dan penduduk Indonesia, saya senang Yang Mulia berkenan meluangkan waktu berkunjung ke sini dan bertemu banyak orang penting. Anda melakukan investasi, memberikan bantuan, menambah kuota haji, dan menjalin silaturrahmi keagamaan.

Tapi dari semua yang telah dilakukan oleh Raja Salman di ibukota Jakarta, yang terpenting dari semua itu, adalah terjalinnya persaudaraan di antara kedua negara.

Sejarah yang terekam dalam tiga hari terakhir mencatat, Salman muda sangat terkesan dengan ungkapan saudara-saudara yang dituturkan dengan penuh cinta dan wibawa oleh Presiden Soekarno di Arab Saudi, puluhan tahun silam. Ini yang mustinya diperkuat dan ditindaklanjuti dengan cermat dan bermartabat oleh pemerintah.

Memperkuat persaudaraan berarti segalanya dalam hubungan bilateral kedua negara. Berimplikasi langsung pada penguatan investasi, bantuan, kerjasama, kesetaraan kebangsaan, kesepahaman, saling percaya dan sebagainya. Pemerintahan kedua negara sedang jatuh cinta. Tinggal bagaimana cinta ini dipupuk dengan persaudaraan yang penuh kasih dan sayang.

Dan salah satu bentuk kasih sayang yang masih jadi pekerjaan rumah kedua negara adalah: pengelolaan dan perlindungan warga Indonesia yang bekerja mencari nafkah di daerah kekuasaan sang raja.

Semoga titipan Presiden Jokowi benar-benar dijaga oleh #RajaSalman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini