Menikmati Hotel Serba Disney di Disneyland Hong Kong

Hotel Disneyland Hong Kong

Udara dingin dengan temperatur sekitar 18 derajat celsius menyambut 14 orang wartawan Indonesia dan satu orang konsultan kehumasan yang sore itu tiba di Bandar Udara Internasional Hong Kong (HKIA). Ketika BlackBerry saya aktifkan, jam digital berubah satu jam lebih cepat dari sebelumnya, menjadi pukul 15:50. Perjalanan lima jam di atas pesawat Garuda Indonesia terasa nyaman, apalagi jarak tempuhnya tidak terlalu lama.

Hong Kong di musim semi memang terasa sangat dingin dan basah. Hujan turun setiap saat, meskipun lebih didominasi hujan bercurah sedang sehingga tidak terlalu menghambat aktifitas harian. Tapi berbeda dengan suhu Indonesia yang lembab dan masih disengat sinar matahari, udara di Hong Kong benar-benar dingin. Dinginnya melebihi udara di puncak kawasan Puncak, Bogor.

Saya baru benar-benar merasakan dinginnya kota ini ketika bis yang menjemput rombongan berhenti di depan hotel Hollywood Disney, tempat rombongan menginap selama berada di kawasan Disneyland Resort Hong Kong. Begitu keluar bis, udara alam nan sejuk terasa jauh lebih dingin dari AC di dalam bis.

Hong Kong Disneyland Resort merupakan satu dari beberapa resort terbaik di Hong Kong. Kawasan didesain sebagai sebuah komplek hiburan penuh keajaiban untuk keluarga. Di sinilah satu dari hanya lima taman bermain Disneyland berada.

Walt Disney Company, bekerjasama dengan pemerintah Hong Kong, sengaja menghadirkan keajaiban Negeri Disney, bahkan sebelum pengunjung menjejakkan kaki di Disneyland. Dari HKIA di pusat kota, Anda bisa menggunakan kereta cepat Mass Transit Railway (MTR) menuju stasiun Sunny Bay.

Dari Sunny Bay, kereta api khusus bertema Disney akan mengantar Anda langsung menuju kawasan Disneyland Resort. Anak-anak akan senang menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan lewat jendela berbentuk kepala Mickey. Bila menggunakan transportasi bis atau kendaraan pribadi, rambu-rambu dengan karakter kartu Disney akan menyapa Anda di sepanjang jalan.

Hotel Serba Disney

Di komplek yang berjarak kurang dari setengah jam dari pusat kota Hong Kong ini terdapat dua hotel, yaitu Hotel Disneyland Hong Kong dan Hotel Hollywood Disney. Kedua hotel itu terhubung satu sama lain ke Disneyland Park, wahana hiburan utama di kawasan, oleh layanan bis gratis yang berputar di ketiga titik setiap saat.

Meskipun sama-sama berstatus hotel bintang lima, kedua hotel tersebut memiliki konsep hunian dan pelayanan yang berbeda. Hotel Hollywood Disney lebih menonjolkan karakter Disney dalam film-film yang diproduksi oleh Hollywood. Nuansa Hollywood sudah terasa di bagian lobi hotel, khususnya di ruang resepsionis yang luas dan memanjang. Citra Hollywood dalam bentuk gambar penuh cahaya menutupi bagian latar penerimaan tamu.

Karena didesain sebagai tempat bersantai untuk keluarga, kebutuhan kamar disediakan untuk tiga orang, yaitu ayah, ibu dan anak. Ini bisa dilihat dari perlengkapan kamar yang berjumlah tiga buah, termasuk dua pasang alas kaki dewasa dan satu alas kaki untuk anak.

Kamar 30 Juta Rupiah

Berbeda dengan Hollywood Disney, konsep dan pelayanan Hotel Disneyland Hong Kong didominasi dengan karakter kartun Disney di semua sudut hotel. Begitu memasuki lobi hotel, karakter Mickey Mouse dalam bentuk patung warna coklat gelap sudah menyambut para tamu.

Hotel ini didesain dengan gaya Victoria dengan ornamen kartun Disney di setiap detil interiornya. Dua lampu hias berukuran besar menghiasai ruang lobi. Mahkota raja dan ratu yang berada di atas lampu menjadi obyek foto yang menarik perhatian para tamu. Lalu di setiap sudut hotel, Anda akan menemukan ‘the hidden mickey‘ atau karakter mickey yang tersembunyi pada corak karpet lantai dan dinding.

Dalam perjalanan tur ini, KOMPAS.com dan wartawan media lain menginap di hotel Hollywood Disney. Setelah check-in, rombongan langsung diajak tur keliling hotel Disneyland Hong Kong yang berjarak hanya beberapa menit dari Hollywood Disney.

Tur hotel dimulai dengan mengunjungi Walt Disney Suite, kamar paling mewah sekelas president suite, yang berada di lantai dua. Jenny Dam dari Disneyland Hong Kong menjelaskan, hanya ada satu kamar Walt Disney Suit di hotel tersebut dengan harga sewa per malam mencapai 25 ribu Dolar Hong Kong atau sekitar 30 juta rupiah! Tapi meskipun harganya selangit, sepanjang tahun peminatnya tak pernah sepi.

“Biasanya yang menginap di sini adalah para pengusaha minyak dari Timur Tengah,” tutur Jenny, sambil menjelaskan bagian-bagian yang ada di kamar berukuran hampir 200 meter persegi tersebut.

Walt Disney Suite memiliki satu kamar tidur utama bergaya Victoria dengan canopy bed tergelatak manis di salah satu sudutnya. Saya cukup takjub melihat kemewahan di kamar berukuran super besar itu. Sedangkan ukuran kamar keduanya, meskipun tidak sebesar kamar utama, setara dengan ukuran kamar hotel berbintang lima kelas standar. Kamar ini dilengkapi dengan dua twin-bed nomor tiga dan perlengkapan mewah lainnya.

Selain Walt Disney Suite, hotel Disneyland Hong Kong memiliki banyak jenis kamar mulai dari Kingdom Suite seharga 6.500 Dolar Hong Kong (sekitar 7,8 juta rupiah) hingga Garden View yang harga sewa standarnya 2.200 Dolar Hong Kong (sekitar 2,6 juta rupiah) per malam.

Makan Mickey Mouse

Keajaiban Disneyland benar-benar lebih terasa saat menginap bersama keluarga di resort ini. Saat sarapan pagi, para karakter Disney seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, Guffy dan Donald Bebek akan berkeliling ruang makan dan dengan senang hati melayani berfoto dengan setiap tamu. Anak-anak tentu tidak akan melewatkan momen istimewa tersebut.

Selain itu, karakter Princess dari Disney seperti Cinderella dan Snow White Princess juga ikut menyemarakkan suasana pagi dengan memberikan kesempatan anak-anak untuk berfoto bersama. Dan para putri nan cantik ini, tentu saja tidak hadir dalam bentuk maskot dan topeng. Mereka berwujud wanita-wanita cantik pilihan yang wajahnya secantik tokoh kartunnya.

Hotel ini juga dilengkapi dengan beberapa restoran dengan beberapa atraksi menarik untuk anak-anak. Mereka bisa belajar membuat kartun disney dari balon, atau belajar membuat karya ketrampilan dari handuk kecil.

Bila Anda ingin menikmati santapan berbentuk karakter kartun Disney, mampirlah di restoran Christal Lotus yang berada di lantai dasar hotel. Di restoran ini, semua sajian makanan, baik makanan penutup maupun makanan utama, disajikan dalam bentuk karakter yang Anda sukai.

Saya terkesan dengan sup sea food kelapa muda yang disajikan dalam cangkang kelapa berukuran  mungil. Sup itu ditutup dengan kelapa muda berbentuk kepala Mickey dan hiasan wortel, juga berbentuk Mickey. Selain sajian menu-menu yang enak, santap malam di Christal Lotus juga disajikan secara menarik. Saya berulang kali enggan menyantapnya, karena tidak ingin keindahan bentuk makanan berupa karakter kartun Disney musnah ditelat mulut yang sedang lapar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini