Bersiap Menikmati Festival Pesona Raja Ampat 2016

Gerbang masuk ke Festival Pesona Raja Ampat 2016 di pantai WTC. (@iskandarjet)

Raja Ampat. Kawasan kepulauan ini sudah jadi ikon wisata bahari Indonesia yang memiliki daya magis besar. Mendengar namanya saja, sudah terbayang keindahan alam yang disuguhkan oleh bentangan laut biru, hamparan pasir putih dan jajaran pulau-pulau hijau.

Saat kemarin terbang dari bandara Sorong menuju Waisai (ibukota kabupaten Raja Ampat), saya sudah merasakan kekuatan sihir kawasan wisata ini. Dari atas pesawat PropJet Susi Air berkapasitas 12 orang, saya menikmati keindahan terumbu karang yang terekam jelas di ponsel.

Video yang saya rekam itu seakan diambil dari atas perahu, padahal dari dalam pesawat terbang!

Kalau hari ini saya ajak Anda, saya bertaruh Anda akan langsung menganggukkan kepala lalu berusaha sekuat hati menuruti ajakan. Hal serupa saya rasakan saat diundang meliput festival tahunan yang tahun ini turut disponsori oleh PT Freeport Indonesia.

Selama empat hari ke depan, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat kembali menggelar Festival Pesona Raja Ampat 2016. Dan saya akan meliput kemeriahan acara dan kemegahan alam di salah satu destinasi wisata terbaik Indonesia ini.

Tahun ini, Festival Pesona Raja Ampat mengusung tema “Lovely Raja Ampat” yang seluruh kegiatannya akan dipusatkan di kawasatan wisata Pantai Waisai Torang Cinta atau biasa disebut Pantai WTC.

Tujuan penting diselenggarakannya festival ini adalah dalam rangka memperkenalkan kekayaan alam, seni dan budaya Raja Ampat. Juga untuk menambah tingkat kunjungan wisata ke sini, seperti diungkapkan Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati di acara malam ramah-tamah bersama sembilan perwakilan negara-negara asing, semalam (17/10).

Sponsor Freeport

Festival Raja Ampat 2016 akan dibuka Selasa (18/10) sore nanti oleh Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi, serta dihadiri oleh banyak tamu undangan dan perwakilan negara-negara asing. Beragam kekayaan seni dan budaya Papua Barat, serta kearifan lokal masyarakat dalam memelihara dan melindungi alam Raja Ampat akan ditampilkan di Pantai WTC dalam rangkaian kegiatan dari tanggal 18 sampai 21 Oktober 2016.

Selama festival, para pengunjung dapat mencicipi berbagai kuliner khas lokal, mengikuti kegiatan bahari, lomba foto bawah laut, bird watching, bersih-bersih pantai, dan berbagai aktifitas lainnya.

Para pengunjung juga dapat mengkesplorasi sejumlah tujuan wisata unggulan di kawasan Raja Ampat, seperti Painemu, Kabui, Teluk Mayalibit, Wisata Burung, dan Kampung Wisata.

Festival ini didukung oleh beberapa perusahaan dan merek, antara lain PT Freeport Indonesia (PTFI). “Dukungan terhadap penyelenggaraan Festival Raja Ampat adalah salah satu bentuk nyata komitmen Freeport Indonesia dalam pelestarian dan promosi budaya asli Tanah Papua yang unik, baik di sekitar area operasional Freeport Indonesia dan wilayah-wilayah lainnya di Tanah Papua,” kata Riza Pratama, Vice President Corporate Communications PTFI.

Program dukungan terhadap pelestarian budaya lokal telah lama dilakukan oleh Freeport Indonesia, dengan turut aktif menyelenggarakan pameran, publikasi buku, seminar, serta kajian dan dialog mengenai seni dan kebudayaan Tanah Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini